Follow Us

Monday, October 24, 2016

Everything Origami



Buku yang saya pesan sudah sampai kemarin tanggal 21 Oktober 2016. Buku berjudul Everything Origami ini merupakan buku berbahasa Inggris yang dikarang oleh Michael Gardiner asal Australia. Buku impor pertama yang saya beli. :)

Beli di mana? Harga?
Saya beli bukan di Amazon tapi di Chrisander Book via Shoppee.com seharga 158 ribu rupiah. 

Alasan?
Alasan saya beli buku ini tentu karena saya mulai tertarik origami. Saya ingin belajar langsung dari buku. Ingin tahu isi buku origami itu seperti apa.

Buku lokal kan banyak, kenapa beli buku impor?
Betul, saya sudah cek di Gramedia ada banyak sekali. Tapi saya penasaran ingin tahu buku pengarang luar seperti apa. Karena pengalaman saya beli buku lokal merajut crochet, ternyata saya tidak paham. Akhirnya saya belajar dari blog orang USA dan saya paham, saya jadi bisa membaca pola crochet.

Di youtube kan banyak juga video origami kenapa beli buku mahal? 
Iya saya juga belajar dari youtube. Tapi buku tetap jadi salah satu alternatif bagus buat saya. Dari buku saya bisa lihat pola-polanya. Membaca pola desain. Kalau di youtube adalah prakteknya. Sama halnya ketika saya belajar merajut langsung lewat youtube, apakah saya bisa? Tentu saja bisa langsung praktek mengikuti contohnya. Tapi, saya tidak bisa membaca pola jadinya. Di buku, saya dapat ilmu yang tidak saya peroleh di video youtube.

Di app android juga banyak kan?
Betul! Setelah saya coba install beberapa apps, rata-rata isinya mirip dan juga modelnya terbatas serta simpel. Isinya cuma gambar tak ada penjelasan tentang desain modelnya bagaimana cara membaca/memahami gambar karena ada simbol-simbol yang secara detail ada penjelasannya di buku. Untuk model yang lebih kompleks seperti kusudama, buku masih menjadi alternatif bagus.

Kemasan?
Everything Origami memiliki hard cover tebal dan dijilid spiral. Bagus!

Bonus?
Ada. Kertas origami square 24 sheets.



Content?
Decoration and flower, traditional, practical boxes, toys, animals, geometri. 

Buku ini menceritakan tentang sejarah, bagaimana cara melipat, simbol-simbol dalam melipat, tipe-tipe lipatan, jenis-jenis kertas dan link origami internasional. Berikutnya adalah contoh-contoh desain beserta cara membuatnya.

Kenapa pilih buku ini?
Tak ada alasan khusus. Random saja saya pilih ini. Mencari yang isinya lumayan lengkap.

Origami kan dari Jepang, kenapa tak pilih pengarang asli Jepang?
Saya memang mencari bukunya Tomoko Fuse, tapi tidak nemu yang ready stock di Indonesia. Harus online shopping di Amazon dll. Padahal saya pengen cepat. Mumpung hasrat masih menggebu-gebu. :)

Kesan?
Beli buku tidak selalu sesuai dengan harapan apalagi kalau belinya online. Seringkali harapan terlalu tinggi sehingga jadi kecewa begitu barang sampai di tangan. Ok, kalau menurut saya buku ini masuk kategori lumayan. Bintang 4 dari 5.

Origami kan cuma seni melipat kertas, apa manfaat origami dalam kehidupan?
Memang kelihatannya cuma melipat kertas, tapi ada manfaatnya juga loh. Pada umumnya untuk dekorasi. Origami animal misalnya bisa untuk diajarkan ke anak-anak (my future babies :)). Mengajari anak jadi kreatif. Karena keterampilan seperti ini tidak didapat di sekolah.

Setelah saya lihat-lihat dan baca-baca, sepertinya saya lebih tertarik ke origami boxes dan kusudama. Pengen belajar itu karena bakal berguna untuk dekorasi saat mau bikin kado misal, mau bikin hiasan lampu (lantern) dll.




Mau buat pajangan di ruangan? Jelas bisa banget dengan origami.

Ok, sekian dulu ya review saya. Lanjut ke review buku selanjutnya.

No comments:

Post a Comment

leave your comment here!